Hal yang menarik adalah vanili adalah tanaman yang tidak bisa menyebuk sendiri. Sehingga proses perkawinan harus berlangsung dengan bantuan manusia.

Konon tanaman vanili berbuah setelah berumur 1,5 – 2 tahun. Vanili tidak bisa menyebuk sendiri meskipun benang sari dan putik berada dalam satu bunga, karena kepala putik tertutup oleh lidah bunga (labellum) yang menghalangin terjadinya penyerbukan secara alami oleh manusia atau serangga penyerbuk.

Bunga vanili membuka pada malam hari. Mulai pukul 24.00 yang berlangsung selama 12 jam. Waktu penyerbukan yang paling ideal adalah pada pagi hari kira-kira pukul 06.00 – 10.00. Apabila banyak angin sebaiknya dilakukan pada jam 05.00- 10.00.

Image result for to pollinate vanilla plant

Gambar. Cara penyerbukan vanili

Sumber: www.vanillareview.com

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan  dalam melakukan penyerbukan adalah cuaca harus dalam keadaan kering dan bunga tidak basah karena embun.

Dari satu tandan bunga yang mekar cukup dipertahankan 15 – 20 bunga saja. Mekarnya bunga vanili dari satu tandan dalam satu hari berkisar 1 – 3 maka penyerbukan dilakukan dalam beberapa hari. Penyerbukan berhasil apabila 1 -2 hari setelah penyerbukan bunga tidak gugur.

Beberapa minggu setelah penyerbukan semua tandan harus diselesi dengan melakukan penjarangan terhadap buah yang terbentuk. Untuk mendapatkan buah yang lurus dan Panjang dipertahankan 8 – 12 buah. Untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik buah dipanen pada saat berumur 8 – 9bulan.

Buah yang siap petik apabila telah berubah warna dari hijau tua mengkilap menjadi hijau muda suram, lalu bagian ujung mengering dan pada kulit buah nampa garis-garis tips warna kuning.

Add comment


Security code
Refresh