Keberadaan kelompok tani akan memberikan banyak manfaat bagi anggota yang tergabung di dalamnya. Dalam webinar dengan topik “Cara Sukses Membentuk Kelompok Tani” yang diadakan Gamal Institute, Senin (24/01/2022), Pulung Kalbuari selaku narasumber, memaparkan beberapa fungsi penting kelompok tani.

Pertama, sebagai wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (PKS), serta tumbuh dan berkembangnya kemandirian dalam berusaha tani sehingga produktivitasnya meningkat, pendapatan bertambah, serta kehidupan yang sejahtera.

Penyuluhan merupakan salah satu agent of change. Dapat dikatakan demikian, karena peran para penyuluh adalah bagaimana suatu strategi dapat sampai ke masyarakat paling bawah yaitu petani.

Dalam workshop Gamal Institute bertajuk Penyuluhan Agrobisnis Berbasis Kemitraan Merah Putih (08/9/2021), Ismet Ali., ATP., ACP mengemukakan pentingnya penyuluhan bagi petani Indonesia mengingat pertanian salah satu kekuatan utama ekonomi.

Ingin mengikuti workshop budidaya vanili sekaligus temu bisnis dengan buyer atau dengan petani vanili andalan. Tempat terbatas. Segera mendaftar pada acara webinar ini  dengan menghubungi panitia (087782694050-Cia).

Bagi Anda yang ingin mengembangan perkebunan vanili dan meraih keuntungan kami menyediakan layanan workshop "Kiat Sukses Pengembangan Vanili" , dengan paket

Pelatihan via online terkait budidaya hingga pengolahan (perbenihan penanaman, pemeliharaan, penyilangan buah, manajemen buah dan pengolahan)

Kunjungan ke lapangan untuk melihat proses pengembangan vanili (diluar ongkos dan konsumsi)

Akses terhadap video dan presentasi tutorial

Free konsultasi dan fasilitasi pemasaran

Anda dapat mengikuti dengan biaya investasi Rp. 5.500.000,- dengan peserta webinar maksimal 100 orang dan kunjungan 5 orang. Sudah termasuk sertifikat, paket bibit 5 batang. Untuk registrasi pelatihan dapat nomor 085395459624 (Hendra)

Jawa Tengah dicanangkan sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili, hal tersebut oleh Ketua MPR RI Petahana Bambang Soesatyo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 31 Maret 2021

Salatiga sendiri saat sebelumnya ini sudah dikenal sebagai wilayah pengembangan vanili berbasis pekarangan. Hal tersebut semakin didukung dengan adanya pusat perbenihan vanili berbasis in vitro oleh Balai Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mendukung pengembangan tersebut Balai Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah mengembangan pusat perbenihan vanili berbasis in  vitro.