https://media.istockphoto.com/photos/vanilla-sticks-with-jasmine-flowers-picture-id1070474468?k=20&m=1070474468&s=612x612&w=0&h=NsRzpD2F0z_8Da2lgpa0m9f-LSE0UT9ol-xMyvxARRQ=

Dalam memfasilitasi pemasaran vanili gradeĀ  A dengan pasar yang cukup luas maka akan Vanili Indonesia bersama para pelaku vanili akan membentuk Koperasi Indonesia Vanili yang nantinya akan fokus pada pemasaran. Koperasi ini akan didukung sejumlah koperasi primer dan mengkoordinir pemasaran dalam jumlah besar.

Melalui koperasi ini akan dapat dikoordinir pemasaranvanili se-Indonesia hingga ribuan ton dengan standar premium sehingga bisa mendapatkan harga lebih menarik. Metoda kolaborasi yang akan dikembangkanĀ  adalah koperasi-koperasi yang menginduk akan menerapkan SOP yang diterapkan Koperasi Induk.

Lalu untuk pemasaran dengan volume kecil ditangani langsung oleh koperasi primer, sementara koperasi induk untuk skala besar. Sementara pembinaan petani dilakukan oleh koperasi primer.

Setiap petani vanili yang ingin mendapatkan manfaat dari koperasi induk ini wajib berlembaga. Beberapa kelompok tani harus bergabung membentuk koperasi. Lalu harus mengikuti persyaratan mutu dan pengelolaan kebun sesuai yang disyaratkan, mengingat kedepannya vanili kering yang dipasarkan oleh Koperasi Induk wajib memiliki sertifikasi organik.

Add comment


Security code
Refresh