Jawa Tengah dicanangkan sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili, hal tersebut oleh Ketua MPR RI Petahana Bambang Soesatyo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 31 Maret 2021

Salatiga sendiri saat sebelumnya ini sudah dikenal sebagai wilayah pengembangan vanili berbasis pekarangan. Hal tersebut semakin didukung dengan adanya pusat perbenihan vanili berbasis in vitro oleh Balai Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mendukung pengembangan tersebut Balai Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah mengembangan pusat perbenihan vanili berbasis inĀ  vitro.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) tersebut sudah difasilitasi dengan lab kultur jaringan yang dapat menampung hingga 3000 batang dengan menggunakan eksplan dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO).

Selain itu juga terdapat ruang aklimatisasi dan mother plant dengan klon vania 1 dan rencananya BALITTRO akan mengembangkan balai benih di Ngawen, Salatiga yang luasnya mencapai 1 hektare.

Melalui pengembangan ini Balai Benih Tanaman Perkebunan Salatiga mempunyai potensi besar untuk mampu menyediakan bibit unggul nasional kepada masyarakat di Indonesia. (Adhita Diansyavira)