Penyuluhan merupakan salah satu agent of change. Dapat dikatakan demikian, karena peran para penyuluh adalah bagaimana suatu strategi dapat sampai ke masyarakat paling bawah yaitu petani.

Dalam workshop Gamal Institute bertajuk Penyuluhan Agrobisnis Berbasis Kemitraan Merah Putih (08/9/2021), Ismet Ali., ATP., ACP mengemukakan pentingnya penyuluhan bagi petani Indonesia mengingat pertanian salah satu kekuatan utama ekonomi.

Ingin mengikuti workshop budidaya vanili sekaligus temu bisnis dengan buyer atau dengan petani vanili andalan. Tempat terbatas. Segera mendaftar pada acara webinar ini  dengan menghubungi panitia (087782694050-Cia).

https://miro.medium.com/max/1000/1*cZIIlLozeU52HiFX9pT5cQ.jpeg

Bagi Anda yang ingin belajar tentang budidaya vanili dan pengolahan, kami membuka pelatihan one day online workshop melalui fasilitasi zoom, dengan materi yang diangkat

Pengenalan vanili

Penanaman dan pemeliharaan

Penyilangan bunga dan manajemen buah

Penanaman vanili di pot

Pengenalan pasar vanili

Kegiatan ini akan dilakukan secara live langsung dari kebun sehingga dapat melihat langsung cara pemeliharaannya.

Anda dapat mengikuti dengan biaya investasi Rp. 2 juta dengan peserta maksimal 20 orang. Sudah termasuk bonus materi seminar, paket bibit 5 batang untuk wilayah Jabodetabek (syarat ketentuan berlaku), konsultasi pasca pelatihan dan pendampingan pemasaran.  Untuk pelatihan dapat menghubungi kami melalui nomor 085395459624 (Hendra)

Jawa Tengah dicanangkan sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili, hal tersebut oleh Ketua MPR RI Petahana Bambang Soesatyo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 31 Maret 2021

Salatiga sendiri saat sebelumnya ini sudah dikenal sebagai wilayah pengembangan vanili berbasis pekarangan. Hal tersebut semakin didukung dengan adanya pusat perbenihan vanili berbasis in vitro oleh Balai Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mendukung pengembangan tersebut Balai Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah mengembangan pusat perbenihan vanili berbasis in  vitro.


Vanili umumnya dikenal sebagai rempah beraroma lezat untuk makanan, namun ternyata komoditas yang sering dijuluki ‘emas hijau’ ini banyak menyimpan manfaat lebih dari sekadar untuk wewangian makanan.

Dikutip dari Outlook Pusat Penelitian dan PengembanganTanaman Perkebunan, vanili terbukti dapt dijadikan minyak gosok seperti halnya jahe atau mint. Minyak gosok dari vanili disebut dapat menghasilkan perasaan yang rileks dan membuat emosi lebih stabil karena aromanya yang khas. Tidak hanya baik di dalam tubuh, vanili juga bermanfaat untuk bagian luar tubuh karena dapat meremajakan kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati.